PENGAJIAN DMI BULANAN

KABAR BERITA
PENGAJIAN DMI BULANAN

Sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan  kita kepada Allah swt adalah dengan senantiasa berusaha mendekatkan diri (taqarrub) kepada-Nya baik dalam ucapan maupun perbuatan yang itu merupakan sebagai bentuk pengejawantah sebuah tanda kebaktian dan ketaatan kepada-Nya dengan senantiasa menjalankan semua perintah dan menjauhi larangan-Nya.
Sebagai upaya untuk mewujudkan semua itu, maka DMI Kec. Danurejan Yogyakarta bekerja sama dengan segenap lapisan masyarakat maupun organisasi keagamaan yang ada berusaha untuk
mewujudkan cita-cita masyarakat yang madani maka dibuatlah program-program yang menuju ke arah tersebut dengan salah satu programnya adalah pengajian rutin bulanan DMI Kecamatan yang dilakukan dengan berkeliling dari satu mesjid ke mesjid yang lain yang masih berada dalam satu wilayah kecamatan Danurejan.
Sebagaimana wujud komitmen bersama, maka pada Hari Senin tanggal  21 Juni 2010 Pukul 19.30 yang bertempat di Masjid Mujahidin Juminahan kelurahan Tegal Panggung telah diselenggarakan pengajian rutin bersama dengan pembicara Ustadz H. M. Sholehuddin M.Ag yang dihadiri oleh semua utusan masjid se-wilayah kecamatan Danurejan dan masyarakat umum dengan mengambil tema “Pendidikan terhadap Anak dalam Peradaban Modern”.
Dari semua paparan yang telah disampaikan dalam pengajian tersebut maka bisa disimpulkan bahwa pembentukan kejiwaan dan kepribadian anak sangat bergantung disamping lingkup keluarga yang merupakan bentuk kehidupan masyarakat sosial terkecil (small society) juga lingkungan sekitar dimana seorang hidup bergaul dengan social masyarakatnya.
Untuk itu sebagai orang tua hendaknya selalu memperhatikan terhadap pendidikan anak-anaknya yang suatu ketika mungkin dalam lingkungan keluarga kelihatan baik (sholeh) akan tetapi ternyata setelah anak berada di lingkungan masyarakat sekitarnya menujukkan tingkah laku yang buruk (akhlaq al-madmumah), yang kesemuanya itu adalah keteledoran dan lepas kontrol orang tua terhadap pendidikan anaknya. Belum lagi masa-masa sekarang dengan semakin banyak pemberitaan baik dari media cetak maupun elektronik yang begitu gencarnya dengan banyak memuat berita-berita dan tayangan-tayangan yang sebenarnya tidak pas untuk usia anak-anak tapi kenyataannya sungguh diluar dugaan, banyak anak-anak yang justru menonton hal-hal yang seharusnya itu adalah diperuntukkan untuk orang dewasa/tua,tetapi malah sebagai konsumsi anak-anak yang seharusnya hal itu sebuah larangan, tentu hal ini akan menyebabkan dan menimbulkan gangguan-gangguan baik kejiwaan maupun moralitas terhadap anak-anak.
Oleh karena itu, sudah sepatutnya dan selayaknya sebagai orang tua hendaknya kita mulai dari lingkup keluarga kita,yang kemudian merambah kepada lingkungan masyarakat sekitar kita, hendaknya bersama-sama bahu-membahu dan bekerjasama untuk senantiasa waspada dan mengarahkan serta membimbing terhadap anak-anak dan generasi muda terhadap hal-hal yang berdampak negatif yang akan merusak dan mempengaruhi terhadap kejiwaan, mental dan moralitasnya.
Hanya dengan kebersamaan dan do’a kepada Allah swt senantiasa kita panjatkan dan mohonkan kepada-Nya, semua hal itu tercapai,sehingga akan terwujudlah generasi yang kokoh tangguh dan berakhlak mulia.Amin ya Rabbal ‘Alamin.       



Moh. Tsani Asykuri
Penyuluh Agama Kec. Danurejan
Kota Yogyakarta

Komentar

TUJUAN DMI

Dewan Masjid Indonesia bertujuan mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat serta persatuan umat dalam rangka meningkatkan keimanan, ketaqwaan, ahlak mulia, kecerdasan umat dan tercapainya masyarakat adil makmur yang diridhai Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam wilayah negara Republik Indonesia.